Review Inkscape, Alternatif Software Vector Dan Ilustrasi Gratis

Review Inkscape, Alternatif Software Vector Dan Ilustrasi Gratis

Logo inkscape
Assalamualaikum.
Hai teman teman, bagaimanakah kabar kalian..?? gua harap lu semua pada baik baik saja.

Mungkin kalian pada bingung kenapa sekarang ini pakai gua nggak pake ane.., Anggap aja gua penulis baru di blog ini dan akan ikut meramaikan blog ini.

Well hari ini gua cuman mau cerita cerita dan berbagi pengalaman saja tentang software design grafis. mungkin bagi kalian para editor / creator logo mungkin sudah tak asing lagi mendengar nama Adobe Ilustrator Ataupun Corel Draw.

Yaps benar sekali.., kedua software tersebut memang saling bersaing menduduki tempat teratas dalam persaingan vector grafis software. kebanyakan fungsinya juga hampir sama. hanya beberapa fitur saja yang saling di tonjolkan.

Namun kita memiliki masalah baru, kedua software yang gua sebut tadi itu nggak gratis. lu harus bayar lisensi terlebih dahulu untuk make softwarenya. harganya..?? Muahal... Kira kira kalau buat beli motor udah dapet satu biji.

Harga lisensi corel draw kira kira 4 - 5 Juta untuk satu lisensi aja, yups lumayan kalau buat beli pc Med-END udah dapet 1 paket. Atau kalau di beliin motor juga udah dapet yang second 4 jutaan.

Untuk adobe ilustrator, adobe menggunakan metode yang berbeda. yaitu metode berlangganan. kira kira biaya perbulannya 250 ribu'an per bulan. jadi sama halnya kek lu sewa kontrakan, lu harus bayar kontrakan itu setiap bulannya.

Well , Pasti akan ada yang bilang. "Kok mahal bang..??" , "Kok bayar", "Temen aja gratis".

Kalau yang versi legal emang segitu harganya. lagian mereka bikin software juga perlu duit buat bayar listrik. lu pikir codding cuman sehari dua hari...?? Seorang dua orang..?? nggak segampang itu bro. pasti ada perjuangan yang berat di balik terlahirnya sebuah software.

Gua nggak akan salahin kalian. terserah kalian kalau mau pakai software legal ataupun ilegal. toh kalau ada dosanya kalian sendiri yang bakal tanggung. tugas gua cuman kasih pilihan dan mengaja ke hal yang baik.

Oleh karena itu disini gua mau berbagi tentang software alternatif dari kedua software besar diatas. nama software alternatifnya adalah inkscape.

Mungkin ada yang pernah dengar, ada juga yang belum. karena memang kebanyakan software yang benar benar gratis itu tersembunyi ( gak tenar / gak terkenal ). karena apa..??? lu tebak aja sendiri..

Karena kebanyakan orang cari yang premium, ogah cari yang gratisan. tapi nyatanya sebaliknya, cari yang premium tapi gratis. kadar gengsinya terlalu tinggi. ketika temen pakai ini ngikut. temen pakai itu ikut lagi...

Ok kita kembali ke inkscape. software ini juga nggak kalah bersaing dengan kedua software top diatas. inkscape juga memiliki fitur yang kurang lebih sama dan kualitasnya juga berani di adu.

Untuk hasil gambarnya liat aja di facebook zalvaker atau devianartnya. dia juga pake inkscape buat design maupun gambar anime. gambar anime..?? Gak percaya liat aja sendiri.

Kelebihan Inkscape

  • Free / Gratis , Karena Software OpenSource
  • Dapat Mengeksport File SVG, EPS, PNG, Dan lainnya
  • Tools lumayan lengkap
  • Tampilan Simpel
  • Dapat Dimodifikasi Sendiri ( Karena Open Source )

Kekurangan..?? palingan cuman beda shortcut ama tampilan aja. nanti juga lu bakalan terbiasa.

Jika ingin mendownloadnya silahkan aja kunjungi situs resminya Inkscape.org

Semua software itu bagus tergantung pemakainya. sama halnya ketika seorang bocah naik mobil balapan ama orang naik sepeda. ya jelas menang orangnya lah, si bocah cuman bisa maen hp didalam mobil.

Dalam dunia multimedia juga sama. walaupun lu cuman pke Ms paint tapi skill lu udah tinggi ya tetep aja bagus hasilnya ( Liat aja Ms paint Speed art ). Semua tergantung pemakainya.

Cukup sekian artikel yang gua bikin, semoga gua masih bisa nulis lagi di blog ini. untuk tutorial inkscapenya Silakan aja liat Label Inkscape, Mungkin aja admin zal udah bikin tutorialnya.
Wassalamualaikum.