Sariawan..???, Ini Penyebab Dan Obatnya

Sariawan..???, Ini Penyebab Dan Obatnya


Sariawan meraupakan sebuah kelainan pada selaput lendir mulut yang berupa luka pada mulut, memiliki bentuk lingkaran kecil yang agak cekung dan berwarna putih kekuningan. biasanya pada awal awal tahap sariawan akan menimbulkan rasa sakit yang teramat sangat.

Gejala sariawan adalah timbulnya rasa sakit atau nyeri pada bagian mulut tertentu yang disusul timbulnya bercak putih pada area mulut yang terasa sakit. Sariawan juga memiliki banyak nama lain seperti seriawan dan stomatitis aftosa.

Sariawan (Seriawan) atau stomatitis aftosa (stomatitis aphtosa) adalah suatu kelainan pada selaput lendir mulut berupa luka pada mulut yang berbentuk bercak berwarna putih kekuningan dengan permukaan agak cekung. Munculnya Sariawan ini disertai rasa sakit yang tinggi.

Penyebab sariawan juga bermacam macam seperti tergigit, panas dalam, kekurangan vitamin C, gaya hidup yang tidak sehat, kekurangan zat besi, kurang sehat, dan lainnya.

Sariawan biasanya muncul pada bagian bibir, atas mulut, gusi, bahkan bagian lidah. Jangan ente tanya sakitnya seperti apa jikalau lidah terkena sariawan.

Untuk mengurangi atau mengobati sariawan ente dapat menggunakan tips dan saran berikut.
  1. Berkumurlah dengan air hangat, karena air hangat dapat membuat luka menjadi bersih dari mikroba dan bakteri serta akan membuat otot mulut dan lidah menjadi lebih rileks
  2. Kurangilah Gorengan atau makanan yang terlalubanyak mengandung lemak. perlu disadari bahwa makanan berlemak merupakan tersangka utaman dalam kasus penyebab sariawan atau panas dalam, jadi ane memberi saran untuk mengurangi makan makanan yang berlemak hingga penyakit sariawan ente sembuh.
  3. Konsumsilah Vitamin C. Sariawan merupakan tanda tanda apabila tubuh ente kekurangan vitamin C. Karena mengkonsumsi Vitamin C dapat membantu proses penyembuhan.
  4. Jagalah Kebersihan gigi dan mulut karena mulut yang bersih akan terhindar dari serangan kuman dan bakteri, sehingga sariawan pada mulut ente akan segera pulih.
  5. Apabila sakit berlanjut Segera Pergi Ke Dokter. Satu satunya jalan terakhir apabila ente terkena sariawan dengan kurun waktu yang tidak wajar seperti satu bulan atau lebih segeralah pergi kedokter ataupun puskesmas.

Itu Dia Artikel Tentang Sariawan Dan Obatnya, Semoga itu dapat membantu, sekian dari ane dan terimakasih.