Mengatasi Error Ketika Membuka File Rar di Linux

Mengatasi Error Ketika Membuka File Rar di Linux

mengatasi error membuka file rar di linux
Sedikit Penjelasan mengenai apa itu Rar, rar merupakan salah satu jenis format file kompresi dari beberapa banyak file yang dikumpulkan menjadi satu.

Dengan kata lain kalian bisa menghemat penyimpanan dengan mengompres beberapa file menjadi satu dengan format rar ini. 

Namun masalahnya bukan itu, kita disini akan membahas tentang error ketika membuka rar di linux. biasanya sering macet ditengah jalan, tidak terbaca, tidak terekstrak meskipun sudah selesai, file menjadi begitu besar, komputer jadi lag dan lain lain.

Nah dari manakah semua pokok masalah ini berasal.? Masalahnya berasal dari linux kita sendiri, dia kekurangan ekstensi atau dependencies (software tambahan) untuk digunakan mengekstrak file rar tadi.

Solusinya.? Kita tinggal menginstall software tambahan tersebut. ia bernama unrar

Ukurannya tidak terlalu besar namun kegunaanya sangat penting. kalau saja software tambahan ini tidak terpasang, bisa jadi komputer kalian akan mengalami error seperti yang sudah ane jelaskan tadi.

Sekarang bagaimana cara memasang unrar.? cara memasang unrar ane rasa cukup mudah, ane jamin kalian bisa juga melakukannya dengan mata tertutup.(Bercanda.. hehe).

Kalian tinggal memasukkan perintah dibawah ini dalam terminal lalu tunggu hingga selesai. pasti kalian akan bisa mengekstrak file rar dilinux tanpa kendala.

Perintahnya Adalah :

sudo apt-get install unrar -y

Sedikit penjelasan ulang tentang perintah diatas,

sudo      : mirip administrator di windows
apt-get : semacam software center linux
-y           : perintah Yes (Tidak Wajib)

Nah itu dia cara mengatasi error saat membuka rar dilinux, ane rasa cukup mudah, tinggal menulis beberapa baris dan selesai. 

Dan sekaran silahkan coba membuka atau mengekstrak beberapa file rar, apakah masalah tersebut masih ada atau tidak.?

Cukup Sampai disini, semoga dapat bermanfaat, dan sampai jumpa dilain artikel. sekian dan terima kasih