Cara Mengatur DPI (Kecepatan Pointer) di Linux

Cara Mengatur DPI (Kecepatan Pointer) di Linux

Cara mengatur dpi mouse linux
Mouse Jaman sekarang biasanya dilengkapi dengan Tombol DPI yang berfungsi untuk mengatur kecepatan panah (Pointer) mouse saat digunakan. biasanya terletak di belakang tombol scroll, dengan tampilan bulat kecil (1 atau 2).

Semakin besar dpi semakin cepat pointer mouse meluncur dilayar komputer kalian. tentu dpi tinggi memiliki manfaat tersendiri, terutama dilayar dengan resolusi tinggi seperti 1440p, 2160p. tentu kalian tidak ingin mengangkat mouse dan menggesernya ulang kan.??

Untuk mouse dengan dpi kecil juga sangat bermanfaat di layar dengan resolusi rendah, seperti 720p kebawah. bayangkan saja kalau kalian pakai mouse dengan dpi tinggi, pasti mouse akan susah di kontrol.

Nah masalahnya ketika kalian ingin mengubahnya, ternyata mouse yang kalian punya tidak mendukung system dpi control, alias tidak ada tombol DPI nya. sementara kalian kurang cocok dengan kecepatan panah mouse.

Jadi bagaimanakah cara untuk mengatur dpi, sementara mouse tidak memiliki tombol dpi.?

Caranya Cukup Mudah, kalian tinggal membuka pengaturan (atau cari di pencarian ketik "mouse") Disini namanya mouse and touchpad.

pengaturan mouse and touchpad

Lalu Atur Sensitivity mouse (sesitifitas mouse), kalau terlalu berat (lambat) kalian bisa naikkan kalau terlalu ringan (Cepat) kalian bisa turunkan.

mengatur sensitifitas mouse

Dalam kasus ini ane setting ke paling rendah, karena menggunakan mouse dengan dpi 1800 tanpa tombol dpi. dan itu dipakai pada layar monitor 1366x768, banyangkan saja bagaimana cepatnya mouse ketika digunakan. apalagi untuk kebutuhan desain, pasti akan tidak nyaman mengingat saat mengoperasikan software desain grafis harus hati-hati.

Tentu saat membuat desain setiap titik maupun objek harus ditata dengan rapi dan tidak terburu buru, kadang juga ada objek kecil yang harus ditata secara detail.

Tadinya ane juga ingin membeli mouse baru, tapi mengingat ada cara ini niat tersebut jadi ane urungkan. kalau masih bisa di modifikasi kenapa tidak.? dari pada menghamburkan uang untuk membeli mouse baru, mending kita tabung saja.

Semoga itu dapat menambah ilmu kalian dan semoga dapat bermanfaat, sekian dan sampai jumpa di lain artikel