Cara Membedakan Flashdisk Asli Atau Palsu

Cara Membedakan Flashdisk Asli Atau Palsu

flashdisk asli atau bukan

Flashdisk atau penyimpanan cepat sudah tidak asing lagi di telinga kita. cukup banyak juga flashdisk yang tersebar dipasaran dengan berbagai merk.

ada yang kualitasnya bagus dengan kecepatan flashdisk tinggi, ada yang kecepatannya rendan namun dapat tahan bertahun-tahun, bahkan ada juga yang baru satu minggu sudah rusak.

faktor penggunaan juga sangat berpengaruh terhadap umur dari suatu flashdisk. terkadang ada yang cara memakaiannya sembarangan, seperti : melepas flashdisk tapi belum di eject, melepas flashdisk saat sedang digunakan, flashdisk digunakan dalam keadaan basah, flashdisk yang sering terjatuh, dan lain lain.

tapi semua itu kembali lagi kepada kualitas dari flashdisk tersebut. kalau asli biasanya lebih kuat dan tahan dari berbagai macam godaan alam. nah disini ane akan membahas bagaimana cara membedakan flashdisk asli dengan flashdisk bajakan.

sebenarnya caranya cukup mudah dan dapat di rasakan secaranyata seperti :

1. Ada Tidaknya Garansi

Flashdisk yang asli biasanya memiliki garansi resmi dari produsennya. biasanya garansi flashdisk berkisar antara 1 bulan hingga 1 tahun bahkan ada yang memberi garansi selama seumur hidup.

2. Kapasitas Atau ukuran Flashdisk

Flashdisk yang original sangat menekankan kepada kualitas, kapasitas penyimpanan salah satunya. Mungkin ente pernah menemukan flashdisk dengan tulisan 8Gb namun hanya terbaca 4-6 Gb, atau 16 Gb Terbaca 10 Gb.

Tentu ini akan merepotkan karena banyak memori penyimpanan yang hilang. Pada umumnya kapasitas flashdisk hanya akan berkurang 10% dari kapasitas yang tertuliskan. Misal : 1Gb berkurang 100mb menjadi 900mb , 2Gb berkurang 200mb menjadi 1,8Gb Dan Seterunya.

3. Umur Dari Flashdisk

Sebenarnya unmur flashdisk juga tergantung kepada cara perawatan flashdisk tersebut. kalau perawatan dan penggunaanya benar maka umur flashdisk tersebut akan bertahan lama.

masalahnya disini, terkadang flashdisk yang sering kita beli cenderung hanya bertahan dalam kurun waktu kurang dari setahun. mungkin kualitas flashdisknya rendah atau dapat di indikasikan sebagai flashdisk bajakan.

4. Harga Flashdisk

Suatu hari pernah ane ditawari flashdisk 8Gb, Dia bilang begini "Mang, ini ada flashdisk murah. 8giga 20 rebu. Mau ente beli nggak...?? " Kemudian langsung ane beli.

ternyata flashdisk tersebut hanya bertahan selama 6 bulan dari waktu pembelian. kan jadi mubazir, data data juga hilang dan sempat kecewa juga. memang pepatah "ono rego ono rupo" / "ada Harga ada kualitas" itu benar.

5. Ketahanan Flashdisk

Flashdisk asli cenderung lebih kuat dan awet, tahan banting (Tapi jangan dibanting juga pak). Ane pernah mendengar kalau " isi flashdisk akan hilang jika flashdisk terjatuh". Menurut ane ini kurang tepat. bagaimana bisa file didalam flashdisk bisa hilang begitu saja seperti air yang menguap dan menghilang tanpa jejak.

kalau terjatuh dan rusak, flashdisk tidak dapat digunakan kembali dan tidak terbaca lagi oleh komputer atau terbaca tapi tidak bisa dibuka. mungkin hilangnya data data di dalam flashdisk dikarenakan virus yang ada didalam flashdisk dan terhapus oleh antivirus.

mungkin itu saja yang dapat ane sampaikan tentang Cara membedakan flashdisk asli atau palsu. point point yang ane jelaskan mungkin tidak dapat dijadikan bahan dasar atau acuan. karena mungkin ada salah satu merk yang orginal namun kualitasnya yang kurang baik.

Sekian, terimakasih telah membaca dan sampai jumpa (^^)/