Hati Hati, Inilah Bahaya Jika Salah Memilih Domain Gratis

Hati Hati, Inilah Bahaya Jika Salah Memilih Domain Gratis

jangan sembarangan pilih domain
Hai Manusia, Domain merupakan jalan penghubung antara internet dengan sebuah website maupun sebuah server. Ente bayangin saja jika tidak ada domain, ente harus mengetik sejumlah angka tertentu atau yang lebih sering kita kenal sebagai IP.

Apa Itu IP..?? Akan ane bahas dilain kesempatan, sekarang kita fokus kepada domain. singkatnya setiap website atau sebuah blog memiliki ip tersendiri dan domain memudahkan kita untuk mengaksesnya.

Domain juga dapat meningkatkan rating atau kepopuleran sebuah blog atau website. Jika nama domain ente mudah di ingat, orang akan mudah mengakses Blog yang ente kelola. Domain yang bagus juga akan meningkatkan posisi website pada mesin pencari.

Memang tak bisa dipungkiri bahwa nama domain sangat terikat kuat dengan yang namanya SEO atau search engine optimization, karena faktanya memang begitu. tapi menurut ane tidak, banyak diluar sana blog blog yang masih memakai domain bawaan tapi malah eksis di top one page google.

Jenis Domain juga bermacam-macam ada TLD, ccTLDs dan lain lain. tapi itu semua tidak kita bahas saat ini mungkin lain waktu. Domain menurut sisi ekonominya juga dibagi menjadi dua: Ada yang berbayar, Ada yang gratisan.

Beberapa orang mungkin lebih memilih domain gratisan dari pada membeli domain berbayar. merekapun memiliki alasan yang sangat mudah ditebak "kalau ada yang gratis ngapain enggak..??" Yah begitulah kurang lebih.

Mungkin jika untuk latihan memasang domain atau untuk coba coba tidak apa apa lah. tapi jika ente ingin serius atau menjadi pro blogger ane saranin jangan memilih domain gratis. kenapa..???, domain gratis nggak selamanya gratis. hanya penggunaan tahun pertama saja yang gratis, selanjutnya ente dikenakan tarif berbayar.

Dari segi SEO pun domain gratis juga buruk. ane beri contoh begini: ane punya blog, misalkan zalvaker.blogspot.com :v, dan ane memilih menggunakan domain gratis zalvaker.ane.

Pada mulanya mungkin seperti biasa aja, tak ada perbedaan dengan domain berbayar. namun perbedaan terletak pada saat domain ane kehabisan masa berlakunya. ane pun terpaksa harus membeli domain yang ane gunakan selama setahun tersebut.

Gimana Tidak..??, Mesin pencari sudah terlanjur mengindex blog dengan domain yang sudah ane gunain tadi. Alhasil parapembaca setia yang sudah terlanjur mengingat domain zalvaker.ane atau pun dari google search akan mengalami url error dan akhirnya ane pun kehilangan pengunjung.

Lain Hanya ketikan ane masih menggunakan zalvaker.blogspot.com pihak blogger tidak akan menghapus domain ini. walaupun ane udah berkali-kali ganti domain, domain tersebut masih akan tetap merujuk ke blog ini.

Jadi dari pembahasan diatas bisa kita simpulkan bahwa menggunakan domain gratis itu memiliki beberapa dampak negatif, seperti :
  • Tak Selamanya Gratis
  • Tak Baik Bagi Blogger Pro
  • Tidak SEO
  • Dan lain lain

Tidak ada salahnya jika ente memilih membeli domain dari penyedia domain resminya langsung, ente akan mendapatkan pelayanan dan dukungan yang memuaskan dari penyedia domain.

Semoga itu bisa menjadi pertimbangan agar ente lebih hati hati dalam memilih domain. jika ada yang ingin di tanyakan, bisa melalui kolom komentar. sekian dari ane, terima kasih dan sampai jumpa.