Review Microsoft Edge Browser Ringan ?

Review Microsoft Edge Browser Ringan ?

Logo Microsoft Edge Dev

Microsoft Egde Baru, Yang di nanti nantikan para pengguna browser chrome yang konon katanya lebih ringan sekaligus lebih hemat ram.

Namun apakah semua ekspetasi ini benar.?? benarkah Browser Microsoft Edge memiliki penggunaan resource yang lebih sedikit dibandingkan dengan browser lainnya.?? Kita akan bahas bersama didalam artikel ini.

Dalam kesempatan kali ini ane ingin berbagi cerita tentang browser baru bernama microsoft edge ini. Tak lupa bahwa ane menjalankan software ini di linux, jadi mungkin akan sedikit berbeda dengan versi windows.



Dan perlu di ingat lagi, ane disini menggunakan versi developer (Belum Optimal) jadi mungkin versi release akan mendapatkan perbedaan yang signifikan, Atau mungkin dalam segi performa lebih baik.

Oke langsung saja kita akan masuk kepembahasan tentang browser Microsoft Edge ini :


1. Tampilan Awal

 

Tampilan Awal microsoft edge

Tampilan awal ane rasa cukup menarik, dapat dilihat bahwa microsoft mengucapkan selamat datang di saat kita pertama kali membuka browser. kalian juga akan dimintai persetujuan apakah kalian ingin membantu mengirimkan data ke developer untuk membantu pengembangan. (Ane sarankan jangan di centang).

Untuk tampilan tatap muka dari browser ini memiliki ciri khas microsoft yang sangat kental, dilihat dari icon yang digunakan sangat mirip sekali dengan icons windows 10.

Bilah tab dan penelusuran juga terlihat simple dan elegant, sangat menyatu dengan icon microsoft yang di gunakan.

Sistem pencarian default dari browser ini adalah Bing, namun kalian dapat mengubahnya menjadi google search engine atau yang lainnya melalui pengaturan seperti browser pada umumnya.


2. Apakah Benar Benar Ringan.??

Pertama kali ane mencoba browser ini ane rasa cukup memuaskan, karena sebelumnya ane menggunakan browser Firefox yang merupakan bawaan linux mint.

Persentase kecepatan dari browser ini dibandingkan dengan firefox sekitar 15 - 30%, ini ane ambil dari pendapat dan pengalaman pribadi, alasan lainnya mengenai kenapa browser ini ane rasa benar benar ringan akan dijelaskan di point selanjutnya.


3. Perbandingan Membuka Youtube

 

Tampilan saat membuka youtube

Youtube terbaru merupakan salah satu yang ane gunakan sebagai uji test disini, kenapa.? karena youtube baru memiliki tampilan yang berat dan sangat lag apa bila dibuka dengan spesifikasi yang minim (kalian mungkin salah satunya)

 

Memutar youtube 720p


biasanya ane menggunakan resolusi 360p dan 480p itupun sudah terasa patah patah, ya maklum karena komputer yang kita gunakan ini memiliki spesifikasi yang minim. cocok digunakan untuk bahan review, kan tidak lucu kalau kita review pakai spesifikasi yang tinggi, jelas tidak akan terasa perbedaannya.


4. Pengunaan Resource Ram Dan CPU

Disini kita dapat melihat penggunaan ram dan procesor yang digunakan oleh saat memutar video youtube 720p.

 

Penggunaan resource system
 

Terlihat procesor sedikit longgar(tidak sampai 100%) dan penggunaan ram hanya sekitar 1.2GB (Idle desktop cinnamon sekitar 500 - 600 MB), belum lagi ditambah aplikasi lain yang ane jalankan seperti sublime text yang berjalan di latar belakang (Biasanya sekitar 100 MB)

Ane rasa browser ini cukup lumayan untuk digunakan harian, atau untuk hanya sekedar berselancar ringan.


5. Kesimpulan

 

Kita sampai di ujung pembahasan dari Review Browser Microsoft Edge, yang memiliki kesimpulan bahwa browser ini memang sedikit lebih ringan dibandingan dengan browser yang sebelumnya ane gunakan di komputer ini, tampilannya juga sangat berbeda namun tetap nyaman dipandang mata.

Semoga saja kedepannya browser ini menjadi semakin lebih baik lagi, lebih ringan dan hemat resource system. karena itu yang kalian cari kan..?? browser yang hemat resource namun dengan tampilan yang tidak membosankan.

Tapi semua itu ane kembalikan lagi kepada kalian, Setiap orang mungkin berbeda presepsi mengenai browser ini, toh ini merupakan satu dari sekian banyak browser yang ada di internet.

dan semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian, saran saya coba saja dulu, kalaupun tidak cocok atau kurang pas tinggal copot atau uninstall, sekian dan terima kasih.