Review Links Browser Berbasis CLI

Review Links Browser Berbasis CLI

links browser
Pada kesempatan kali ini kita akan membahas sebuah browser yang ane rasa cukup keren. Kenapa? karena browser tersebut hanya berisikan tulisan tanpa gambar dan embel embel lainnya.

Yup, Kalian benar, browser yang hanya berisi tulisan. ini juga bisa sebagai solusi bagi kalian yang ingin mencari browser yang tidak membebani sistem.

Browser ini cocok digunakan untuk membaca artikel, mencari referensi, dan membaca ringan. dapat juga digunakan disaat genting semisal dalam mode TTY ketika tampilan GUI di linux kalian macet dan solusi satu satunya adalah tampilan CLI.

1. Cara Installasi Links Browser

Oke kita sekarang lanjut ke proses instalasi browser links ini. cara menginstall links sama seperti cara memasang software lainnya di linux.

Kalian tinggal membuka terminal dan menggunakan perintah

sudo apt install links -y

Maka links browser akan terinstall di komputer kalian. untuk penggunaan browser ini mari kita bahas bersama.

2. Cara Penggunaan Links Browser

Nah pasti diantara kalian banyak yang bingung, Bagaimana cara menggunakan links browser ini? caranya cukup mudah. kalian tinggal membuka terminal seperti biasa, lalu tuliskan perintah "links" kemudian tekan enter.

membuka links browser

Kalian akan disuguhkan dengan tampilan layar hitam kosong. apakah ini bug.? tentu saja tidak, kalian bisa melanjutkan ke mode pencarian dengan menekan tombol G . lalu sebuah kotak akan muncul, silahkan masukkan link tujuan kalian. 

memasukkan links tujuan

Kurang lebih tampilan links seperti dibawah ini, tidak terlalu membosankan kalau kalian bertanya tentang pendapat pribadi. toh browser ini juga sangat ringan jika dibandingkan dengan browser lainnya. yang penting bisa dipakai untuk membaca baca artikel dan mencari informasi.

tampilan links browser

Kalian juga bisa menggunakan mesin pencarian semisal google search, tinggal menuliskan alamat searc engine yang kalian suka, contoh www.google.com di kolom pencarian.

membuka pencarian google di links browser

Laman google kurang lebih seperti dibawah ini, klik kolom pecarian google dan ketik keyword yang ingin kalian cari.

google pencarian

Tulis apa yang ingin kalian cari lalu tekan enter.  Nanti hasil pencarian akan mucul seperti biasa, klik judulnya dan kalian dapat membaca artikel tersebut.

Selamat kini kalian telah mengetahui browser ringan yang bernama links. browser ini juga bisa di pasang di android via aplikasi termux (terminal emulator).

perintahnya adalah :

pkg install links

Tapi... Itupun jika kalian berminat memasangnya di android, terserah kalian.

mungkin cukup sampai disini untuk pembahasan mengenai Links Browser, semoga dapat menambah wawasan kalian dan sampai jumpa di lain artikel. Terima Kasih