Berhijrah Dari Rawgit Menuju Statically Rawgit Alternative

Berhijrah Dari Rawgit Menuju Statically Rawgit Alternative

Rawgit alternative statically
Assalamualaikum
Salam Sahabat Zalvaker, Dimanapun kalian berada. Semoga diberi kesehatan selalu. Kembali lagi di sini bersama saya diblog kecil kecilan ini.

Tak terasa telah sangat lama saya tidak melakukan pembaharuan artikel didalam blog ini, Dikarenakan sibuknya perkerjaan dan berbgai urusan lainnya. doakan saja saya bisa terus menulis di blog ini :).

Berbicara soal blog, belakangan ini situs pendukung para blogger yang bernama Rawgit mengumumkan akan menutup server mereka. Dikarenakan beberapa masalah yang kurang pasti, Yang pasti mereka sudah mengumumkan ingin menutupnya.

Nah sekarang apakah dampaknya..?? Seluruh script yang di simpan di dalam rawgit akan di hapus. Kurang lebih 9-11 bulan kedepan. Alhasil semua script yang di simpan disana hilang.

Kok bisa pak ane masih kurang faham..??

Ok, Sekarang kita lihat beberapa tutorial maupun template / tema blog. lalu cobalah cari url cdn.rawgit.com, Pasti akan ketemu satu atau dua script. Jika tidak ketemu berarti template tersebut aman dari error.

Kok Bisa.??

Karena fungsi rawgit adalah untuk menyimpan script seperti .css , .js , .php, dan lain lain. Yang Di ambil dari repositori Github. jadi Jika Server rawgit tutup, maka file yang mendukun suatu template akan hilang. Hasilnya blog tersebut akan mengalami kerusakan.

Besar kecilnya kerusakan tergantung jumlah script, dan seberapa besar pengaruh script tersebut di dalam blog maupun sebuah situs.

Nah sekrang saya akan memberikan informasi tetang situs yang memiliki kegunaan yang sama dengan rawgit alias alternative. Nama Situs tersebut adalah Statically.

Statically merupakan situs yang memiliki fungsi sama dengan rawgit / rawgit alternative. Statically juga mendukung CDN (content delivery network) yang dapat mempercepat waktu load script, Sama dengan rawgit mendukung CDN.

Cara menggunakannya juga cukup dah tinggal menggunjungi saja situs resminya di Statically.io lalu masukan alamat script (Github) Ke tempat yang sudah disediakan.

Untuk Bermigrasi dari rawgit menuju Statically. silahkan Pilih Menu Migrated From Rawgit. lalu masukan alamat script dari rawgit.

Contoh

Saya punya script didalam tema blog
<script src='https://cdn.rawgit.com/Zalvaker/Blogger/39b4b535/lightgallery.js'/>

Setelah di perbaharui.
<script src='https://cdn.statically.io/gh/Zalvaker/Blogger/39b4b535/lightgallery.js'/>

Mungkin itu saja, jikalau masih belum paham silahkan bertanya di kolom komentar.
Wassalamualaikum.