Beberapa Manfaat Jambu Biji Yang Belum Ente Ketahui

Beberapa Manfaat Jambu Biji Yang Belum Ente Ketahui

Gambar Jambu Biji
Zalvaker
- Jambu Biji Atau Jambu Batu sangatlah mudah ditemukan di seluruh pelosok indonesia, coba saja tengok pohon tetangga. Jambu biji merupakan buah yang digemari berbagai kalangan mulai dari anak muda mau pun yang sudah dewasa. Buah yang berwarna hijau dengan daging buah berwarna merah atau putih ini, sering kita jumpai di pasar, swalayan, supermarket dan menggantung di pohon tetangga sebelah.

Selain memliki rasa yang nikmat, jambu biji ternyata memiliki banyak kandungan gizi yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Kandungan Vit A, B kompleks, C, serat dan banyak mineral lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh. Berikut Beberapa Manfaat Buah Jambu Biji Untuk Kesehatan Tubuh :

1. Bisa Sebagai Obat Demam Berdarah 

Jambu biji memang sudah sejak lama dipercaya dapat mengobati penyakit demam berdarah. Untuk mengobati demam berdarah, biasanya dengan cara mengonsumsi jusnya. Sebuah studi membuktikan bahwa ekstrak daun jambu biji ternyata dapat menghambat pertumbuhan virus penyebab demam berdarah Yaitu dengue.

Daun jambu biji bisa meningkatkan jumlah trombosit dalam sel darah. Saat tubuh manusia terjangkit DBD atau demam berdarah, jumlah trombosit akan menurun drastis sehingga mudah terjadi pendarahan. Pembuktian lebih lanjut juga menunjukan bahwa Ekstrak Daun jambu biji ini Tidak memiliki rancun atau tanpa efek samping.

2. Menjaga Kesehatan Otak

Jambu biji kaya akan vitamin B Komplek, Vitamin B inilah yang memegang peran penting dalam Kesehatan fungsi otak. Jambu biji Juga mengandung Vitamin B3 Dan Vitamin B6 yang berfungsi merangsang fungsi otak dan meningkatkan aliran darah menuju otak serta nutrisi penting bagi fungsi saraf.

3. Membantu Produksi Sel Darah

Seperti Yang sudah ane jelasin tadi, bahwa jambu biji merupakan sumber vitamin B kompleks, seperti Asam Pantotenat, Niasi Atau Vitamin B3, Pyridoxine Atau Vitamin B6, Vitamin E Dan K serta mineral seperti Magnesium, Tembaga, dan Mangan. Mangan di gunakan oleh tubuh sebagai pembantu Enzim antioksidan dan tembaga dibutuhkan untuk memproduksi sel darah merah.


4. Dapat Mengobati Batuk Dan Flu

Buah jambu biji Juga dipercaya dapat mengobati Flu dan batuk, biasanya yang di gunakan adalah buah yang masih agak mentah atau setengah matang. Kemudian diolah dengan cara di buat Jus. Jus jambu biji mentah dapat membanti meringankan Batuk dan flu dengan cara melonggarkan pernafasan, mengurangi lendir, dan sebagai desinfektan untuk menghambat aktifitas miskroba.


5. Mengontrol Tekanan Darah

Kandungan kalium dalam buah jambu biji ini tergolong tinggi, bahkan lebih tinggi dari pada buah pisang per 100g Berat buah. Kalium merupakan komponen penting dari cairan dan sel darah sehingga dapat membantu dalam mengontrol detak jantung dan tekanan darah.


6. Dapat Menyehatkan Gusi

Buah Jambu Biji Kaya Akan Astringent, yaitu sebuah senyawa yang membuat gusi ente terasa lebih kencang dan segar setelah memakan Buah jambu biji.

Kandungan senyawa astringent dalam jambu biji memiliki sifat alkali dan memiliki kemampuan desinfektan serta anti bakteri, sehingga sangat membantu penyembuhan disentri karena infeksi mikroba dengan cara menghambat pembentukan lendir dari aktifitas bakteri penyebab disentri.

Itulah dia beberapa Manfaat Buah Jambu Biji, Semoga Bermanfaat. Jangan lupa bagikan Artikel Ini karena berbagi ilmu itu perbuatan yang baik. Sekian dan terima kasih.